March 25, 2014

A Trip to Malaysia

Nah ini lanjutan cerita gue yang kemarin. Hope you enjoy it!

Tanggal 09.10.13 kemarin gue sampe ke Malaysia dengan naik Bus dari Golden Mile, Singapore selama 4,5 jam aja!! Seharusnya estimasi perjalanannya itu 6 jam, logikanya kalo gue berangkat jam 12 malem gue bakal ngeliat sunrise di jalan dan sepanjang jalan itu gue bisa tidur di bis untuk menghemat biaya penginapan hotel. Kenyataannya, sepanjang jalan nanti pas kamu lagi enak tidur, bakal dibangunin dua kali. Pertama, di gate imigrasi Singapore dan yang kedua di gate imigrasi Malaysia. Sepanjang jalan bakalan was-was karena supirnya ngebuuuut banget, ya kali minum obat tidur bisa langsung "bles" lah kalo kaga? Sepanjang jalan melek kaga bisa tidur -_- Gue sampe Malaysia jam 4.15an diturunin di daerah terminal di Pudu. Keadaan terminal pada jam segitu di Malaysia sama di Indonesia sama aja, bedanya cuma banyak taksi doang, ya jadi bisa dibayangin lah ya seberapa keselnya gue diturunin di jalanan jam segitu. Dari tempat gue berdiri bisa ngeliat KL Tower yang emang ternyata keliatan dari setiap sudut Malaysia nantinya. Untungnya gue punya saudara di Malaysia, jadi jam segitu gue sekeluarga naik taksi kerumahnya. Sesampainya dirumah saudara gue, gue langsung tidur dengan aman dan tenang.

Tanggal 10.10.13, berhubung saudara gue orang Aceh tulen, paginya gue udah makan gulai kepala kakap, sedep ya? Padahal kalo di Bogor biasanya gue makan santen sekawannya pas makan siang, kalo makan pas makan pagi perut gue pasti sakit perut. Bener aja, ngga lama abis sarapan gue sakit perut. Inilah yang gue kesel dari jalan-jalan di negeri orang, biarpun serumpun susah nyari makanan yang sesuai sama kebiasaan kita. Tanpa buang waktu lagi, siangnya gue mau ke daerah Batu Caves naik Commuter versi KL. Gue lupa gue naik dari stasiun apa tapi jujur, stasiun Commuter Jabodetabek negara kita masih lebih bagus dari negara tetangga. Begitu juga sistem ticketing kita yang udah "Tap! Tap! Tap!" negara tetangga masih pake kertas  bahan karton (nanti gue fotoin deh ya). Tapi kita kalah jauh kalo masalah keretanya, kereta mereka udah sekelas kereta di Eropa (kursi busa berhadapan dengan LCD TV yang informasiin stasiun, juga AC yang selalu dingin sebanyak apapun muatannya). Inget ya ini Commuter loh bukan MRT. Disini Commuter beda sama MRT, begitu pula kita ngebedain Commuter sama (calon) MRT di Jakarta.

Tiket Commuter dari stasiun yang gue lupa apa namanya ke Batu Caves (stasiun paling ujung dari jalur ini) seharga 3.5MYR ya sekitar 10ribuan lah ya. Pas berangkat itu gue naik kereta yang sangat penuh dan ACnya ngga kerasa banget, kalo kata saudara gue sih itu karena kita naikin kereta yang model lama bukan yang baru. Oke gue terima. Pada akhirnya gue dapet tempat duduk juga sih hehe. Kereta disana sama kaya kereta kita, jalannya pelan. Kerasa jomplang banget sama Singapore negara yang semuanya serba cepet. Jadi sepanjang naik kereta 30 menit itu gue gemes aja rasanya. Nah dibayangan gue Batu Caves itu ya Goa Batu kan. Ternyata itu model tempat ibadahnya orang India gitu tapi emang tempat wisata juga.

Kawasan Batu Caves, Malaysia
Di tempat ini kaya ada semacem dukun gitu di dalem Goa-nya itu, berhubung gue ngga percaya gituan gue ngga naik keatas sana. Lagian naik tangganya juga ga kuat dan takut jatoh licin abis ujan soalnya. Di kawasan sini banyak monyet sama merpati. Banyak juga yang jual makanan monyet sama merpati itu.

Tangganya itu dibelakang gue, nah tau kan kenapa capek jadi alasannya?
Kebetulan pas itu ada yang lagi shooting film India. Buat bikin efek dramatis filmnya dia nerbangin burung merpatinya. Nah pas banget lagi pegang kamera, dapet deh burungnya!

Yeay! A good frame!
Nah setelah gue bingung mau ngapain lagi disini, akhirnya gue balik kerumah saudara gue. Malem itu gue nginep di Hotel Berangan. Hotel ini dipilih nyokap soalnya punya Family Room terus deket sama KLCC. Hotel ini ada di kawasan Bukit Bintang yang jadi salah satu alesan nyokap pilih hotel ini. Hotel ini juga ngga jauh dari stasiun MRT *lupa* hehe. Dari kamar hotel bisa keliatan jelas gedung petronas. Nah berhubung gue sampe hotel udah malem karena jalanan yang macet banget menuju Bukit Bintang, malem itu gue keluar untuk main ke KLCC. KLCC (Kuala Lumpur City Center) ini nama lain dari kawasan Petronas Twin Tower.  Karena udah malem itu gue cuma sempet foto didepan gedungnya, ngga bisa ngeliat dancing waternya. Gue juga sempet masuk ke salah satu bagian gedungnya, jadi gedung yang gue masukin itu gedung kantor. Kantor Petronas menjadi salah satu pengisi gedung kantor itu. Nah sedangkan "kembaran" yang lain isinya mall.

Gue pulang ke hotel lagi sekitar jam 11an. Sangat menerapkan bahwa hotel hanyalah tempat untuk tidur jadi gue sangat memaksimalkan waktu jalan-jalan daripada tidur. Ternyata kawasan hotel gue adalah kawasan yang ramenya pas malem. Kawasan Bukit Bintang banyak diketahui sama orang lokal sebagai kawasan "malam". Gue bener-bener ngga bisa tidur. Selang 3 bangunan dari hotel gue itu diskotik! Great! Gue ngga bisa tidur padahal gue ngantuk beraaaaaat. Ya walaupun pada ujungnya gue tidur juga. Nah sialannya jam 4 pagi gue kebangun lagi gara-gara bubaran diskotik. Banyak yang klakson mobil. Banyak juga yang ribut sambil mabok. Gue cuma ngeliatin dari balkon kamar sambil kesel. Setelah nontonin kerusuhan itu gue cuma bisa tidur 2 jam. Fix gue cuma tidur 5 jam. Keliatannya efisien ya, padahal mah gue tersiksa.

Besok paginya gue sarapan di hotel, kali ini hotelnya include breakfast! Yeay jadi hemat kan :p Setelah makan, gue sekeluarga memutuskan buat ke Kawasan Pasar Seni, dengan naik MRT yang ngga jauh dari hotel dan sekali interchange, gue sampe di Pasar Seni. Pasar Seni itu kawasan buat beli oleh-oleh. Kalo kamu mau ngasih oleh-oleh murah dan variatif, dateng aja kesini. Disini yang jual cokelat kiloan tapi kemasannya oke banyak, apalagi yang jual miniatur petronas, keychain sampe layang-layang malaysia juga ada. Jangan kawatir kalo ke Malaysia, kebanyakan dari mereka bisa bahasa Indonesia, paling yang ngga bisa ya yang agak Chinese ama India aja. Jadi kamu bisa nawar dengan mudah Oh iya, disini penjualnya matok harga yang lumayan tinggi jadi trik tawar-menawar mutlak perlu. Karena kurs Ringgit sama Rupiah yang ngga miring-miring amat, jadi menurut gue harga disini (setelah ditawar) masih reasonable.

Setelah itu gue main ke kawasan Dataran yang tinggal jalan kaki dari Pasar Seni. Kawasan Dataran ini katanya kalo malem rame ama yang jualan. Ya salah gue aja datengnya siang-siang haha. Disini ada Kuala Lumpur City Galery. Masuk City Galery ini gratis! Tinggal tulis buku tamu aja didepan. Bahkan kalo kamu nge-like page facebooknya, kamu bakal dapet gantungan handphone "I Love KL" gratis!

Kawasan Dataran

Didalem KL City Galery

Setelah itu gue makan dideket KL City Gallery. Katanya sih "Dataran Underground" tapi emang bener sih gue makan di Underground gitu. Tempatnya ngga begitu rame sih, tapi rasa makanannya lumayan. Gue makan Chicken Tom Yum yang isinya lengkap banget dan harganya cuma 5 Ringgit. Mana dapet di Bogor 15 ribu dapet Tom Yum lengkap gitu. Nah setelah dari situ, niatannya mau ke KL Tower. Ternyata di KL ada layanan wisata bus gratis! Namanya bus Go KL! Nah layanan bus ini memutari KL keseluruhan. Pas baru naik bus ini, hujan turun deras! Perasaan gue udah ga enak. Ternyata bener, sekalinya KL turun hujan semuanya langsung berkabut. It means, ngga mungkin banget naik ke KL Tower. Akhirnya sekeluarga pada pulang ke hotel. Melihat masih jam 3 sore, gue, nyokap dan ade-ade jalan lagi ke Kawasan Handphone Murah. Gue lupa apa namanya tapi ngga jauh dari hotel gue. Tinggal ngikutin jalur MRT ke arah kanan kalo kamu berdiri didepan H&M. Disana handphone harganya murah tapi original. Mungkin karena pas masuk Indonesia pajaknya mahal kali ya jadi aja harga handphonenya sendiri aja mahal. Setelah dari tempat itu, gue masuk ke toko cokelat yang lebih asoy dari di Pasar Seni. Semua harga cokelat murah! Gue seneng banget tuh kalo kesitu haha. Setelah muter-muter gue pulang sama nyokap dengan jalan kaki. Sempet nyasar sih tapi aakhirnya ketemu juga. Oh iya, makan malem gue selama gue di Malaysia itu beef burger halal pinggir jalan. Selain karena kapok makan makanan melayu yang ngga cocok ama lidah gue juga karena burgernya cuma 15ribu tapi lengkap! Pattynya bukan dari daging tipis yang di swalayan, tapi emang daging cincang yang dibentuk sendiri, lalu pake mustard, saus-saus lain yang bikin rasanya makin enak, dan ngga lupa juga pake pickels sama selada segar. Itu sangat worthed buat burger 15ribuan.

Besok paginya gue pulang naik taksi. Disana kebanyakan kendaraan udah pake bahan bakar gas bukan lagi minyak. Jadi space bagasi mereka pasti lebih kecil karena ada tabung seukuran tabung gas 15kilo di bagasinya. Gue subuh banget sampe KLIA. Ini hal konyol yang terjadi pas pulang. Jadi sebelum pergi, nyokap udah mesen tiket buat dia, bokap, nenek ama ade bungsu gue pake Malindo Air, yang menurut nyokap gue murah dan sukses reservasinya. Nah pas nyoba masukin nama gue, ade gue dan sepupu gue itu failed terus. Akhirnya gue iseng liat website Malaysia Air. Nah ternyata tiket Malaysia Air lebih murah dari Malindo dengan fasilitas Entertainment On Board dan makanan termasuk nasi dan snack! Jadi pas pulang itu gue cuma bertiga ama bocah-bocah itu. Gue deg-degan setengah mati, selain karena ini flight pertama gue ngga bareng nyokap, kata saudara gue belum lama ini Malaysia Air abis kecelakaan di Sabang. Orangtua gue saat itu cuma bisa nganterin sampe eskalator imigrasi KLIA. Setelah menembus "benteng" imigrasi, gue nunggu didepan gatenya. Gue sangat kepagian. Bahkan gue dan bocah-bocah itu sampe ketiduran di karpet (dalam keadaan duduk loh ya). Gue dibangunin sama ibu-ibu yang tau kalo gue mau ke Jakarta.
Ibu-ibu : "De, bangun de. Mau ke Jakarta ya? Itu udah bisa boarding de"
Gue langsung bangunin bocah-bocah itu. Panik luar biasa rasanya. Nah setelah gue boarding, gue masih kebayang omongan saudara gue. Take-off selalu  jadi hal yang paling menakutkan buat gue. Kita emang terbang, tapi kita ngga tau apa yang bakal terjadi. Penerbangan KLIA-Cengkareng sekitar 2,5 jam. Gue merasa semakin tersiksa jadinya. Setelah take-off ada lagi hal yang bikin gue takut. Langit Malaysia hari itu mendung, gak ada matahari bikin gue makin panik aja takut kenapa-kenapa. Terus itu pesawat bunyinya berisik banget. Segitu gue bela-belain check-in pagi-pagi supaya dapet seat depan tapi tetep aja kedengeran itu suaranya. Selain berisik itu juga bikin gue khawatir, gue takut itu mesin kenapa-kenapa.

What I got from 200MYR flight!

Cloudy flight
Gue punya kebiasaan buruk yaitu selalu pipis di pesawat. Selain di pesawat gue bisa kayanya ngga pipis berjam-jam tapi sialannya kalo di pesawat bawaannya pengen pipis melulu. Setiap naik pesawat, pasti 1 kali pipis pas baru take-off. Gugup kali ya tapi serius ini setiap naik pesawat selalu begini. Tapi itu lumayan sih bikin gue jadi tau isi kamar mandi tiap airlines haha.

Sekian cerita gue, semoga bermaanfaat. Next gue bakal ngebahas perjalanan gue ke Bali! See you traveller!

P.S. : Mengingat gue ngerasain naik MAS, gue mau berbela-sungkawa atas kejadian MH 370, semoga keluarga selalu diberi kekuatan dan kesabaran. Percayalah, Alloh selalu sayang kalian dengan segala cara {}