June 19, 2010

the best grandpa ever after :) [the first grandchild syndrome]

curhatan bocah ingusan hari ini ..

yaampun , saya gatau harus ngomong apa untuk post ini , saya sangaaaaaat terkesan sama sosok kakek yang biasa saya panggil "papah" . ceritain dari mana ya ? oke saya ceritan dari pas zaman saya masih anak kecil ..
oke , dulu yya taun 1996 , gua lahir dan menjadi cucu pertamanya "papah" .. haha gua dulu paling seneng main air sama digendong ama siapapun [kata mama , kalo gua kaya gitu gua bisa gampang diculik orang] , haha menyenangkan deh pokoknya masa kecil gua .. tiap pagi gua suka nganterin "papah" sampe depan komplek , trus suka minta dianter "papah" ke sekolah , mungkin karena gua cucu pertama , apapun yang gua pengen dulu tuh pasti dikasih ama "papah" , apapun , dari mainan ampe gua pengen baju juga dibeliin , nice :) kalo dulu , gua suka bikin kesel "papah" itu gara-gara dulu gua suka matahin keran , wahaha dan suka main air , kalo "papah" marah niih ya 
ayuuuuuu , gaboleh main air , bayar air mahal sayaaaang !!
 dulu , cuma gua cucunya "papah" yang udah diajarin ngaji dari umur 2 taun .. dulu "papah" yang nganterin gua ke TPA kalo udah pulang kerja .. hehe senaaaaang rasanya , kalo gua males ngaji , pasti dimarahin . sekilas nih yya , kalo boleh dibilang "papah" gua yang satu ini eksis banget , kalo lu nanya ditukang ojeg didepana aja pada tau , trus kalo nanya di tempat jajanan deket rumah "papah" pasti pada kenal , ibaratnya sebaranang siang pada tau "papah" .. hehe *standingapplause* .. yya gua sebanagi cucunya merasa bangga juga punya kakek se-eksis itu .. hehe .. trus lama kelamaan gua tumbuh jadi anak SD , "papah" seneng banget waktu itu gua bisa masuk SDN POLISI 4 , SD favorit waktu itu , kakek mana sih yang ngga seneng cucunya masuk sekolah favorit ?? kakek gua ampe suka ngomongin gua dikantornya [ini kata temen kakek gua yang biasa ngedengerin cerita kakek gua tentang gua] . ampuuun memang kakek  gua --" ... gua inget banget yya , pas kelas 2 SD , gua mau nyampul buku buat taun ajaran baru , gua kan belum bisa nyampul buku , yya gua diajarin "papah" cara nyampul buku , hasilnya ?? rapiii banget .. "papah" itu orang yang rapi , beda deh ama cowok lain , gapernah ngebiarin kebunnya berantakan , gapernah ngebiarin rumahnya berantakan , gapernah ngebiarin buku-buku berantakan , waaaaaa "papah" mah cowok rapih deh , hebaaaaaat !! :D

lama kelamaan, gua tumbuh menjadi sosok anak remaja .. saat gua menginjak bangku SMP , "papah" juga senang bukan main pas tau gua bakal dimasukin ke sekolah islam , "papah" bangga kalo cucunya seengganya lebih bisa tau agama , karena yang "papah" pengen cuma satu ; "anak-anak sama cucu-cucunya harus minimal bisa agama , bagusnya lagi ngerti agama , menghebatkan lagi kalo bisa dipraktekin dalam kehidupannya" , yya harapan seorang kepala keluarga besar buat turunannya yya amazing banget :) yya nice to hear that :) nah selama SMP , gua jadi lebih deket sama "papah" , kalo malem-malem dan gua lagi nginep dirumah "papah" , kita suka ngobrol diteras , gua kalo ngobrol ama "papah" suka gatau waktu , kadang lama banget ampe jam 11 kadang trus kalo "papah" sakit atau apa , gua lebih sering nungguin dirumah sakit , kalo ngga gua ngurusin sakitnya gitu , kaya pas kakinya "papah"  patah , yaampun , itu rasanya sedih banget ngeliat "papah" jalan pake tongkat , yya repot deh , ga tega gitu ngeliatnya juga , makanya pada saat-saat itu gua jadi lebih sering nemenin ama ngurusin "papah" , seneng gitu rasanya bisa nemenin "papah" , niceeee :) . nah belakangan ini , pas kemarin-kemarin , gua dibikin sibuk ama les sama ngurus berkas-berkas kelulusan , nah gatau kenapa pas gua les tuh yya , gua jadi seneng pake kerudung item , I don't know why , sampe pernah gua pake baju item-item dari ujung kepala sampe ujung kaki .. yaa ga ada apa-apa perasaan gua , gua cuma pengen pake baju kaya gitu ..

Minggu , 13 Juni 2010
pagi-pagi gua baru pulang dari rumah tante gua karena pas malem minggunya gua nginep dirumah tante gua , gua pulang kerumah "papah" , pas baru dateng gua ngeliat "papah" lagi santai di kursi ruang tamu sambil duduk , trus negor gua :
papah : ayu , abis dari rumah tante emma ? ada om kiki ?
gua : iya pah , eem ? iya ada tadi mah ..
 papah : ouh , anterin mamah gih , mamah mau ke pakuan , anterin sama kamu ..
gua : oh iya pah ..
udah tuuh kan gua nganter mamah [nenek] ke pakuan beli makan buat om gua , trus abis itu gua pulang lagi , pas abis itu gua belum ngobrol lagi ama "papah" .. nah pas itu gua mau pergi kan ama si ayang , gua izin tuh ama "papah" ..

gua : papah , ayu pergi dulu ya ..
papah : ayu mau kemana ?
gua : mau pergi ke merdeka ..
papah : jangan pergi , sini temenin papah ..
gua : ayu ga lama koo , sebentar aja , ga bawa motor ayu pah ..
papah : yaudah hati-hati , ini ongkos buat kamu , jangan lama-lama yya , cepet-cepet pulang yya kamu ..
gua : iya pah , nuhun , pamit heula , semlekum :)
udah tuu gua pergi ama si ayang , kostum gua hari itu pake kemeja putin pake rompi item , celana item sama kerudung item , serba item keliatannya , gua lagi sakit hari itu , tapi yya gapapa , mungkin dengan ketemu si ayang , gua bisa sembuh .. pas beres jalan gua kan pulang kerumah "papah" dulu  ngambil motor ..
papah :  ayu katanya gak lama , tapi koo jam segini baru pulang ??
gua : iya maaf pah , tadi teh nonton dulu .
papah : ama eryan ?
gua : iya pah , hehe , pah pulang dulu yya ?
papah : bentar , nomor testing smakbo kamu berapa ?
gua : 193 , kunaon pah ?
papah : hayang papah doakeun , sing asup ! 
gua : haha iya nuhun pah , semlekum :)
papah : kumsalam , hati-hati yya jangan ngebut ..
gua : iya :)
nah pas itu gua pulang , pas dijalan pulang gua batuk-batuk dan itu sangat menyiksa , gua tadinya pengen nginep cuma aja mama gua udah cerewet minta gua pulang , yya nurut ajalah , meskipun dalem hati gua gasuka disuruh pulang .. yya akhirnya pulang , walaupun ditengah jalan si ayang yang bawa motor gua , pas belum lama gua sampe rumah , mamah nelefon gua nanyain nomor tes , hehe ada-ada aja si mamah .. udah tuu kan setelah abis gua dirempuk ama mama dan papa , gua keatas minum obat dan tidur , pas gua baru aja bisa tidur karena efek obat , kamar gua udah digedor-gedor , I REALLY DON'T LIKE IT , akhirnya gua bangun kan , kata ade gua "bay , abucik meninggal" .. INNALILLAHIIIIII , gua baru aja tadi sore ngobrol , tadi pagi masih keliatan seger , sama sekali gak ada tanda mau meninggal , innalillahi , gua nangis tapinya baru sedikit gara-gara gua belum begitu percaya , pas sampe di PMI , barulah gua bener-bener percaya , "papah" ada di kamar mayat , matanya ketutup dan mukanya tenang , gak kaya orang meninggal tapi lebih kaya orang lagi tidur , yaampun gua langsung nangis ampe terisak-isak gitu , astagfirullaaaaaah kakek gua meninggaaaaal :'( yaampun , rasanya gimanaaaaa gitu .. akhirnya "papah" dibawa pulang kan kerumah , gua ikut tuh didalem ambulance-nya , nah udah kaya gitu gua terus aja iyu nangis ga berenti-berenti sama om gua , gatau kenapa om gua saat itu keliatan kaya anak kecil ,BARU KALI INI GUA NGFELIAT OM GUA NANGIS .. oke , akhirnya kita gelar kasur didepan , nah "papah" ditidurin disitu , abis itu kita baca yasin , yaampun gua bacanya gajelas banget , sambil nangis kan soalnya , nah pas itu gua mau tifur , kan "papah" gaboleh ditinggalin , nah akhirnya gua tiduran dikakinya "papah" , eh dibangunin ama mamah katanya gaboleh tiduran disitu akhirnya jam 3 baru bisa tidur , padahal gua udah 6 jam nangis ..yya akhirnya tidur , pas baru aja lelep tidur , tiba-tiba gua kebangun dan solat subuh , god , gua hanya tidur 2 stgh jam hari ini , yaapun , mata gua udah sipit banget ini teeeeh --" nah pas abis solat kan gua dandan serba item ya , gua duduk diteras , ya allaaaah gua ngeliat "papah" ada disamping gua , ngeliatin dan senyumin gua , waaaaaaah kaget tapinya juga seneng [ini akibat bengong subuh-subuh] waaah langsung aja gua masuk kedalem dan pake kaget tea pan .. eeeeemmmm akhirnya "papah" dimandiin dan itulah gua terakhir kalinya ngeliat mukanya "papah" yya sedih juga , abis itu kan "papah" dikafanin , trus diyasinin apa segala macem , gua udah gakuat dan gak bisa nangis , akhirnya gua becanda ama si aa' .. nah abis itu si ayang dateng , whaaaaa lega banget deh pokoknya , nah pas siangnya kan dikubur yya , gua nagis tersedu-sedu lagi tuuh , yaampun , ganyangka gitu "papah" bakal pergi cepet banget , yya akhirnya gua bisa gitu ngelepas pelan-pelan , yaaampuuunn :'( udah kan akhirnya dianter pulang ama si ayang , pas gua tawarin masuk dianya gak mau dan pulang begitu saja , mama sempet marah jugga siih kenapa dia gak pamit sama orang tua gua , yya gua juga ngerasa gaenak juga ama mama  --" yyasudahlah , akhirnya becanda-becandaan dulu ama si aa' , trus si aa' pulang , nah abis itu yya keep move on , yya at last , gua dan semua orang udah bisa nerima gitu perginya "papah" .. love you "papah" :)  

 

No comments:

Post a Comment